Cerita seputar Itikaf #p.1-Muslihat itu hampir selalu menjadi ‘exercise’ menarik bagi hambaNya yang menyadari

Membaguskan dan memerdukan suara ketika membaca al-Qur’an adalah disyari’atkan bahkan diperintahkan, seperti yang disebutkan dalam hadits al-Bara’ bin ‘Adzib r.a, ia berkata, “Rasulullah saw. bersabda, ‘Hiasilah al-Qur’an dengan suara kamu’,” (Shahih, HR Abu Dawud [1468], an-Nasa’i [II/179-180], Ibnu Majah [1342] dan Ahmad [IV/285, 296 dan 304]

“ Itu orang mengganggu sekali ya, mengaji nya kok seperti itu … ” keluh seorang ibu asal Cirebon kepada saya, sambil menunjuk ibu paruh baya yang sedang mengaji sendirian kira-kira berjarak 2 meter dari kami. Mengaji dengan lantunan irama seperti menyanyi dan volume suara yang cukup keras. Selang waktu kira-kira 5 menit, datang lagi seorang ibu, mengeluhkan hal yang sama .. katanya “..de, itu siapa sih ? kok ngaji nya seperti itu ? suaranya mengganggu saya sholat..”. Sambil tersenyum *dan sambil sedikit berpikir, kenapa mereka tanyakan itu ke saya ya ? padahal cukup banyak orang juga disekeliling saya … * menjawab “…oh, saya tidak kenal bu …mungkin kalau di sini ada ‘askar’ wanita, lebih baik utarakan saja kepada askar supaya askar yang mengingatkannya”. *kalau di Mekkah, Madinah .. askar seperti ‘panitia’ mesjid yang menjaga dan mengatur jamaah agar tertib dan santun dalam beribadah*.

Mereka, beberapa ibu-ibu itu akhirnya bergerumul saling mengeluhkan hal yang sama. Dan, mereka berkumpul duduk didekat saya.

Seketika itu, dengan sedikit menggeser posisi duduk, saya putuskan untuk meneruskan tadarusan dan dalam hati terus beristigfar.

“..Ya Allah, saya datang Lillahi Ta’Alla untuk beritikaf, beribadah, berusaha mendekatkan diri kepadaMu, berusaha untuk membersihkan diri dari segala penyakit hati dan bisikan-bisikan syaitan serta muslihatnya..”. Terus terang, saya lebih baik memilih untuk meneruskan tadarusan daripada ikut bergabung membicarakan hal lain. Pada faktanya menurut saya, itu hanya cara/kebiasaan seseorang mengaji .. hanya mungkin memang sebaiknya volume suaranya lebih baik ‘direndahkan’ saja agar tidak menimbulkan reaksi yang kurang berkenan dari lingkungan sekitar.

Alangkah beraneka ragamnya intepretasi manusia terhadap apa yang dilihat, didengar dan dipelajarinya. Benar-benar diperlukan upaya terbaik agar menjadi bijak, tidak keliru mengartikan ilmu apapun dikehidupan kita. Orang-orang bijak bilang, jangan gegabah untuk menarik suatu kesimpulan, agar tidak tergelincir dan merugikan orang lain.

Sedemikian kita sedang beritikaf, beribadah, namun muslihat-muslihat itu ada. Untuk saya, lebih lapang untuk berupaya menjadi nonjudgmental person dimana tidak ingin menilai, men-judge orang lain secara imparsial apalagi hanya menurut pemikiran diri sendiri. Bukan apa-apa, dengan keterbatasan pengetahuan dan pemahaman terhadap banyak hal, belum tentu pemikiran kita benar terhadap sesuatu. Daripada kita yang salah menilai, lebih  baik open-minded, toleransi, berupaya untuk memahami mengapa sesuatu itu terjadi atau mengapa seseorang melakukan sesuatu.

..wallahu ‘alam..

referensi:

http://alislamu.com/content/view/2296/67/

http://ustadzkholid.com/tanya-ustadz/fiqih-ibadah/bolehkah-membaca-al-quran-tanpa-suara/

http://www.belajarislam.com/al-quran/764-bentuk-bentuk-kesalahan-ketika-membaca-al-quran

Posted with WordPress for BlackBerry.

One thought on “Cerita seputar Itikaf #p.1-Muslihat itu hampir selalu menjadi ‘exercise’ menarik bagi hambaNya yang menyadari

  1. Hamba Allah

    Nice post… so touching…
    I like this line “Alangkah beraneka ragamnya intepretasi manusia terhadap apa yang dilihat, didengar dan dipelajarinya. Benar-benar diperlukan upaya terbaik agar menjadi bijak, tidak keliru mengartikan ilmu apapun dikehidupan kita. Orang-orang bijak bilang, jangan gegabah untuk menarik suatu kesimpulan, agar tidak tergelincir dan merugikan orang lain.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s