Sabar, Ikhlas & Berpikir Positif

3 Hal yang menjadi dasar untuk hidup bahagia dan meraih ‘sukses’.

Kesabaran adalah kekuatan untuk berlaku tenang dalam penantian. Itu berarti, siapapun yang bisa bersabar, haruslah dia yang mengetahui dengan jelas apa yang sedang ditunggunya. Dan untuk mengetahui apa yang ditunggunya, dia harus melakukan sesuatu dengan rencana untuk mencapai satu. atau dua hal tertentu. – Mario Teguh –

Setiap tindakan – pasti membutuhkan sepenggal waktu tenggang antara pelaksanaan dan hasilnya. Sikap yang diperlukan untuk berlaku tenang dalam tenggang waktu itu adalah kekuatan yang biasanya kita sebut sebagai kesabaran. Itu sebabnya setiap tindakan membutuhkan kesabaran untuk sampai pada saat di mana hasil itu tercapai. – Mario Teguh –

Sabar menurut bahasa berarti menahan dan mengekang. Di antaranya disebutkan pada QS.Al-Kahfi [18]: 28 “Dan tahanlah dirimu bersama dengan orang-orang yang menyeru Rabbnya di pagi dan di senja hari dengan mengharap keridhaanNya, dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka.”

Kebalikan sabar adalah jaza’u (sedih dan keluh kesah), sebagaimana di dalam firman Allah QS. Ibrahim [14]: 21, “…sama saja bagi kita mengeluh ataukah bersabar. Sekali-kali kita tidak mempunyai tempat untuk melarikan diri.”

Sabar dengan makna yang sangat luas. Kalau saya boleh simpulkan, kesabaran adalah kemampuan kita mengalahkan ego diri sendiri, amarah, kekecewaan, kesedihan & keinginan berkeluh kesah terhadap sesuatu yang tidak sesuai dengan ekspektasi/keinginan kita. Di NLP (*Neuro Linguistic Programming), digambarkan seperti pintu masuk dari ketidaksesuaian dengan keinginan kita, biasa disebut sesuatu yang tidak ‘make sense’ menurut pikiran kita. Karena pada prinsipnya, manusia memfilter informasi yang didengarnya dengan ‘pola pikir’ yang berbeda-beda. Oleh karena itu, beragam pula hasil dari ‘tafsiran’ setiap individu tehadap suatu hal yang sebetulnya sama.

Seandainya kita memiliki kesabaran yang luar biasa besar, artinya menghadapi situasi/kondisi apapun tidak pernah menyerah. Dia akan terus menghargai, memetik hikmah dari setiap proses milestone dalam hidupnya..dan terus berjuang untuk terus menjadi dan meraih yang lebih baik hari ke hari.

Sabar juga berarti ikhlas, tidak ada dendam. Keliru kalau kita merasa sabar, diam..namun ternyata masih dendam / menjadi uneg-uneg didalam hati terhadap suatu hal. Dalam NLP, bisa disebut dengan “selaras semu”. Misalnya dalam hubungan dengan orang lain, kadang kita lebih menghindari kemungkinan dari pemicu konflik daripada menyelesaikannya. Padahal, konflik, pertengkaran atau suasana tidak nyaman lainnya hanya merupakan sebuah proses untuk penyelesaian masalah.

One thought on “Sabar, Ikhlas & Berpikir Positif

  1. Hamba Allah

    Subhanallah
    Thanks Ibu Pauline…
    saya mencari kata-kata tentang ini namun baru saja ketemu….
    Akhirnya saya bertemu dengan makna dari kesabaran tersebut… sabar ternyata memang membutuhkan sepenggal waktu tenggang

    “Setiap tindakan – pasti membutuhkan sepenggal waktu tenggang antara pelaksanaan dan hasilnya. Sikap yang diperlukan untuk berlaku tenang dalam tenggang waktu itu adalah kekuatan yang biasanya kita sebut sebagai kesabaran. Itu sebabnya setiap tindakan membutuhkan kesabaran untuk sampai pada saat di mana hasil itu tercapai. – Mario Teguh –”

    “Sabar dengan makna yang sangat luas. Kalau saya boleh simpulkan, kesabaran adalah kemampuan kita mengalahkan ego diri sendiri, amarah, kekecewaan, kesedihan & keinginan berkeluh kesah terhadap sesuatu yang tidak sesuai dengan ekspektasi/keinginan kita. Di NLP (*Neuro Linguistic Programming), digambarkan seperti pintu masuk dari ketidaksesuaian dengan keinginan kita, biasa disebut sesuatu yang tidak ‘make sense’ menurut pikiran kita. Karena pada prinsipnya, manusia memfilter informasi yang didengarnya dengan ‘pola pikir’ yang berbeda-beda. Oleh karena itu, beragam pula hasil dari ‘tafsiran’ setiap individu tehadap suatu hal yang sebetulnya sama.”

    Kalo boleh tahu… apa itu NLP? semacam suatu sistimkah? Saya ingin sekali untuk dapat menggambarkan suatu tindak laku seseorang kedalam pola pikirnya sendiri. supaya tidak terdaapt ketidaksesuaian dengan keinginan kita. Mohon informasi mengenai NLP.

    “Seandainya kita memiliki kesabaran yang luar biasa besar, artinya menghadapi situasi/kondisi apapun tidak pernah menyerah. Dia akan terus menghargai, memetik hikmah dari setiap proses milestone dalam hidupnya..dan terus berjuang untuk terus menjadi dan meraih yang lebih baik hari ke hari.”

    Semoga saya dapat memetik hikmah dari perjalanan hidup saya yang sangat perlu kesabaran dalam menjalaninya

    Sekali lagi Trims Ibu Pauline….🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s