Short duty trip to Kathmandu, Nepal

Juni 2009 saya mendapat kesempatan berkunjung ke Kathmandu, Nepal untuk Sector Network Governance Meeting yang diadakan 2 tahun sekali oleh lembaga tempat saya bekerja.

Sekitar pk. 14:00 waktu Kathmandu, kami tiba di bandara Tribhuvan, Kathmandu. Udara terasa cukup hangat, matahari pun cukup terik menerangi ruangan dibandara yang saat itu tidak diterangi oleh satu lampu pun. Kabarnya, listrik disana dihidupkan hanya untuk 8-12 jam saja. Faktanya, menjelang malam hari memang tidak ada listrik. Dihotel, tentu saja menggunakan genset.

Sekitar 15 pegawai bandara dideretan meja imigrasi terbuat dari kayu mereka memeriksa dokumen pendatang. Diruang imigrasi tidak ada orang lain selain rombongan kami. Eskalator dibandara seperti śųϑαh lama tidak berfungsi, terhiasi dengan beberapa spot sarang laba-laba dan karat.

Keluar bandara, kami langsung disambut pengemudi dari hotel dan langsung menuju hotel dengan beberapa mini bus yang mengangkut kami. Tempat kami menginap tepat berada dibelakang Stupa besar. Sangat megah, seperti bangunan kerajaan (castle). Pintu gerbang masuk hotel tinggi, jalan masuk kearah hotel dari pintu gerbang dihiasi pohon-pohon indah, sedikit berliku, dan sangat bersih. The best hotel in Kathmandu I suppose.

Populasi Nepal ± 30 juta orang. Lebih dari 1/2nya warga Nepal hidup dibawah garis kemiskinan (standar internasional) yaitu dengan pendapatan rata-rata $1.25/hari. Hindu dan Budha menjadi mayoritas agama yang dianut warga Nepal.

Hari ke 2 di Kathmandu, kami berkunjung ke Bhaktapur. Suatu daerah yang konon dibangun atas kontribusi Jerman, sangat klasik, eksotik. Udara malam di Kathmandu sangat sejuk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s